Association rule adalah teknik untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item, yaitu dengan membuat kolerasi antara item data yang dikelompokkan kedalam transaksi kemudian mengambil kesimpulan berdasarkan hubungan yang terbentuk dari beberapa item data tersebut (Vallikona, 2003).
Secara umum Association Rule Mining dapat dibagi menjadi dua tahap:
- Menemukan semua himpunan item yang sering muncul (frequent itemset): Frequent itemset merupakan sekumpulan item yang memiliki nilai support diatas nilai minimum support threshold.
- Rule Generation, pembangkitan association rule yang kuat dari frequent itemset. Bahwa aturan ini harus memenuhi dari minimum support dan minimum confidence.
Association Rule (Aturan Asosiasi) adalah ekspesi implisit yang dinyatakan dalam bentuk X -> Y, dimana X dan Y adalah itemset terpisah (disjoint) yaitu X∩Y =∅ (Tan et al. 2006). kuatnya hubungan antar item dalam aturan asosiasi dapat diketahui dengan dua parameter, yaitu support yang merupakan presentase kombinasi item tersebut dalam basis data, dan confidence yang merupakan frekuensi item Y muncul dalam transaksi yang mengandung X.
Misalnya S adalah jumlah semua transaksi dari basis data transaksi, Txy adalah himpunan dari banyak transaksi yang mengandung himpunan item data X dan Y, dan Tx adalah himpunan dari transaksi yang mengandung item data X maka support dan confidence dari data transaksi aturan asosiasi X -> Y didefinisikan sebagai:
support,s (X→Y)= |T_xy |/S Confidence,c(X→Y) = |T_xy |/|T_x |
Sebagai contoh, berikut table 1 yang menyajikan transaksi belanja.
Tabel 1: contoh transaksi belanja
TID Item
01 {roti,susu}
02 {roti, biscuit, telur}
03 {susu, biscuit, cola, telur}
04 {roti, susu, biskuit}
05 {roti, susu, biscuit,cola}
Berikut ini merupakan aturan yang dapat diekstrak dari transaksi belanja pada tabel 1:
{roti} ->{susu}
support,s (roti→susu)= 3/5=60% Confidence,c(roti→susu)= 3/4=75%
Pada contoh diatas, support 60% menunjukkan bahwa 60% dari seluruh transaksi belanja roti dan susu dibeli secara bersamaan. Confidence 75% menunjukkan bahwa dari seluruh transaksi belanja yang membeli roti, 75% diantaranya membeli susu.
Read More..